Ajeng A'es

News,Tekhnology,Tips N Trick,TKJ,Breaking News

Mengenal jaringan PAN (Personal Area Network)



Personal Area Network  adalah jaringan komunikasi perangkat lain dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat.PAN atau personal area network merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telepon, ponsel,televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data,maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.
Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain wireless application protocol (WAP) dan bluetooth.
     PAN dapat digunakan untuk komunikasi antar perangkat pribadi sendiri (komunikasi     interpersonal) 
Kegunaan personal area network :
1. Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2. Sebagai media komunikasi antar perangkat sendiri (komunikasi personal)
    
Contoh penggunaan jaringan PAN
  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan bluetooth 
  • Menghubungan mouse dengan laptop menggunakan bluetooth
  • Menghubungkan printer dengan laptop menggunakan bluetooth
Contoh gambar jaringan PAN 


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOIbEeszq9SYVsJxSfqaCPzYGn2lztmce6symem90rImMTgSZtqf82s7WWlarE1G8UYYOoO3YxG56TPDtRn4nx2gu8ODoEW5lrndKAsaxMGViS33KX4mEeX8zpbJshyt-7FKEBj3NFAyZM/s1600/networkdesigncommontypes2.png
Disamping itu Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar komputer  perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter.

Wireless PAN 

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhx_0bQIKOgDll672DVZYLwCvzhvOk0Icsl5twVOUwzSyD9BO4qO_rQKWU9kh-rHc_Bh_xz7w_D9unguFoFjuDar7u-HYQmNwo63Oo14hTUUvx2FnHCeoYH85WIi0QCM7JSJZdKk2eYLl3h/s1600/2000q2wt-fig-1.gif
J WPAN (wireless personal area network) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan terpusat di sekitar perangkat interconnecting perorangan dari kerja dimana sambungan nirkabel. Umumnya,  persoanal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam waktu sekitar 10 meter dengan kata lain, yang sangat jarak dekat. Salah satu  teknologi bluetooth, yang digunakan sebagai dasar  untuk sebuah standar baru, IEEE 802,15.

Kunci konsep dalam teknologi WPAN dikenal sebagai "plugging dalam". Dalam skenario yang ideal, jika dua WPAN dilengkapi perangkat menjadi dekat(dalam beberapa meter  dari satu sama lain) atau dalam waktu beberapa kilometer dari server pusat, mereka dapat berkomunikasi seakan-akan terhubung dengan kabel. Fitur penting lain adalah kemampuan masing-masing untuk mengunci perangkat dari perangkat lain yang selektif, perlu mencegah gangguan yang tidak sah atau akses komunikasi.

Teknologi untuk WPAN adalah dalam masa pertumbuhan yang  cepat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi operasi halus diantara rumah atau bisnis perangkat dan sistem.
0 Komentar untuk "Mengenal jaringan PAN (Personal Area Network)"

 
Copyright © 2014 Ajeng A'es - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info Published By : Blog Mas Faiz